Negara Islam Miliki Pesawat Pembom Super Canggih Tanpa Awak

Akbar Yahya
Iran memiliki pesawat kecil jarak jauh baru tanpa awak. Pesawat itu diberi nama Karar, dapat membom sasaran-sasaran pada kecepatan tinggi, kata televisi negara itu. Pesawat tersebut mampu menjelajah sejauh 1.000 km

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Ahad, meresmikan peluncuran pesawat tersebut. Gambar televisi menunjukkan presiden bertepuk tangan ketika kain berwarna biru yang menutup pesawat itu dibuka dan terlihat kata-kata di sisi pesawat itu "Bomber Jet".

Gambar-gambar itu kemudian disiarkan di televisi yang menunjukkan peawat itu terbang, sementara kantor berita Fars mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Ahmad Vahidi yang mengatakan pesawat itu memiliki jangkauan terbang sampai 1.000km .

"Jet ini, sebelumnya digembar gemborkan untuk membunuh musuh-musuh, adalah pertanda keselamatan dan martabat bagi kemanusiaan," kata Ahmadinejad dalam pidatonya meresmikan pesawat itu dalam satu ruangan di Universitas Malek Ashtar Teheran. Peresmian pesawat itu dilakukan saat Iran, Minggu (22/8/2010) memperingati ulang tahun Hari Industri Pertahanannya .

Laman internet televisi negara itu melaporkan bahwa pesawat itu memiliki "kemampuan besar termasuk membawa bom-bom untuk menghancurkan sasaran-sasaran". Pesawat itu juga dapat terbang untuk jarak jauh dengan kecepatan tinggi.

Laman internet itu mengutip Vahidi yang mengatakan Karar adalah satu "simbol kemampuan dan kemajuan industri-indstri pertahanan Iran."

Peresmian Karar, nama panggilan Imam Ali, imam pertama kaum Syiah dilakukan dua hari setelah Iran menguji coba satu rudal darat ke darat Quam ( Kebangkitan) yang dibuat di dalam negeri.

Dalam beberapa pekan ke depan Iran diperkirakan akan melakukan serangkaian pengumuman militer saat negara itu memperigati "pekan pemerintah", satu periode yang digunakan oleh Teheran untuk mengumumkan keberhasilan-keberhasilannya.

Dalam periode ini Iran juga diperkirakan akan menguji coba generasi ketiga rudal Fateh 110 (Penakluk). Iran sebelummnya memamerkan satu versi Fateh 110 yang mmiliki jangkauan tembakan 150 sampai 200km.

Juga selama pekan pemerintah itu hasil produksi dari indutri itu yaitu dua kapal cepat yang dapat membawa rudal, Seraj (Lampu) dan Zolfaqar juga akan diresmikan.

Peresmian Karar itu dilakukan beberapa hari setelah Iran meresmikan empat kapal selam mini baru klas Gahdir buatan dalam negeri. Dengan bobot mati 120 ton kapal selam "siluman" itu ditujukan untuk operasi-operasi di perairan dangkal, terutama di Teluk.

Para pejabat Iran secara reguler mengutarakan tentang kemampuan militer Teheran dan pernyataan-pernyataan tersebut sehubungan dengan peringatan-peringatan para pejabat lokal terhadap setiap serangan pada Republik Islam itu.
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ouw iran ta??wah memiliki jangkauan sejauh itu???good luck ya

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dan jangan komentar bernada spam ya. thanks.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.