Hasil Pertandingan Liga Champions AC Milan vs Ajax Amsterdam 9 Desember 2010

Ajax Amsterdam berhasil mempermalukan AC Milan dengan skor 0-2 dalam laga terakhir fase grup Liga Champions. Kemenangan di San Siro, Kamis (9/12/2010) dinihari WIB memberi Ajax tiket ke Liga Europa.

Sudah memastikan lolos sebagai runner up Grup G, Milan tidak turun dengan kekuatan terbaiknya. Selain mencadangkan Zlatan Ibrahimovic dan tak menyertakan Alessandro Nesta, Rossoneri juga menurunkan Ronaldinho sebagai starter.

Keputusan tersebut harus dibayar mahal oleh Milan karena mereka tak mampu mengimbangi permainan Ajax, yang tampil sangat baik dalam laga tersebut. Dua gol yang dilesakkan Demy De Zeeuw dan Toby Alderweireld memaksa Diavolo Rosso menelan kekalahan keduanya di Liga Champions musim ini.

Buat Ajax, kemenangan ini punya arti penting karena mereka berhak menyudahi fase grup sebagai penghuni posisi tiga dengan poin tujuh. Hasil tersebut memastikan didapatnya tiket ke Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Gawang Milan sudah terancam saat laga baru berjalan lima menit, sepakan Luis Suarez dari tepi kotak penalti diblok dengan baik oleh Marco Amelia. Melalui sayap Ajax kembali menekan tuan rumah, dari sudut yang sama seperti Suares, di menit 11 tendangan Sulejmani ditepis ke luar lapangan oleh Amelia.

Tak banyak yang bisa dilakukan Milan untuk mengimbangi kecepatan dan permainan menyerang Ajax. Amelia pun dipaksa jatuh bangun mengamankan gawangnya saat menepis sepakan jarak jauh Christian Eriksen. Sebelumnya Eriksen juga membahayakan gawang Milan saat sepakan kerasnya bisa dihandang Daniele Bonera.

Suarez kembali merepotkan barisan belakang Milan saat dia menusuk dari sisi kiri kotak penalti. Berhasil melewati Andrea Pirlo, sang striker terjatuh di dalam kotak terlarang. Klaim penalti Suarez tak diacuhkan wasit, dia justru dapat kartu kuning.

Milan akhirnya punya peluang pertamanya di menit 37, saat tandukan Ronaldino menyongsong umpan diagonal Robinho masih terjangkau kiper Maarten Stekelenburg. Momen tersebut menjadi semacam kebangkitan Rossoneri karena dalam beberapa menit berikutnya mereka punya peluang melalui Ronaldinho dan Robinho.

Di awal babak kedua kembali Milan dapat tekanan. Umpan terobosan yang dilepas Eriksen berhasil dikejar Sulejmani di dalam kotak penalti, nama yang disebut terakhir kemudian terjatuh dalam perebutan bola dengan Amelia. Wasit mengeluarkan kartu kuning namun tak menunjuk titik putih, Sulejmani dianggap melakukan diving.

Terus tertekan, gawang AC Milan akhirnya bobol di menit 57. Me-rebound sepakan De Jong yang sebelumnya diblok Mario Yepes, tendangan ke arah kanan yang dilepaskan Demy de Zeeuw masuk ke gawang dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Sembilan menit berselang Ajax berhasil mencetak gol keduanya. Menari-nari di dalam kotak penalti dan melewati dua pemain Milan, Suarez kemudian menodorkan bola pada Alderweireld. Sepakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Alderweireld mengarah ke dalam sudut gawang Amelia.

Zlatan Ibrahimovic, yang masuk tak lama setelah Milan kebobolan gol pertama, nyaris memperkecil ketinggalan saat sepakannya harus dihalau kiper Stekelenburg sambil menjatuhkan diri.

Masuknya striker Swedia itu secara signifikan menambah daya gempur Milan. Beberapa peluang berhasil dibuat Ibra, salah satunya adalah tendangan akrobatik sambil menjatuhkan diri, meski upaya tersebut tak membuahkan hasil karena bola masih melayang tipis di atas sasaran.

Melalui Suarez Ajax nyaris menambah golnya. Menipu bek Milan di kotak penalti, sepakan striker Uruguay itu dari dalam kotak pnalti dengan gemilang diblok Amelia.

Skor 0-2 untuk keunggulan Ajax bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

AC Milan: Amelia; Bonera, Thiago Silva, Yepes, Antonini; Flamini (Boateng 26), Pirlo, Ambrosini (Ibrahimovic 64); Robinho (Merkel 77), Seedorf, Ronaldinho

Ajax Amsterdam: Stekelenburg; Van der Wiel, Alderweireld, Vertonghen, Emanuelson; Enoh, Eriksen, De Zeeuw (Lindgren 83); Suarez (Tainio 93), S De Jong (El Hamdaoui 85), Sulejmani

Sumber : detiksport.com