Hasil Pertandingan Liga Champions Arsenal vs Partizan Belgrade 9 Desember 2010

Arsenal memastikan diri ke babak 16 besar Liga Champions setelah memetik kemenangan 3-1 atasPartizan Belgrade di matchday 6. The Gunners lolos sebagai runner-up Grup H.

Tiket tersebut baru bisa diraih Arsenal setelah melewati 2x45 menit kontra Partizan di Emirates, Kamis (9/12/2010) dinihari WIB. Dengan tambahan tiga angka, Arsenal menyudahi fase grup dengan poin 12 untuk duduk di posisi dua klasemen akhir grupnya.

Penampilan Arsenal di babak pertama terlihat kurang "greget", walau bisa unggul pada menit 30 lewat penalti Robin van Persie. Di babak kedua, mereka bahkan harus ketar-ketir setelah Cleo menyamakan skor.

Untungnya, masuknya Theo Walcott berbuah manis karena ia berhasil bikin Arsenal unggul lagi, sebelum kemudian Samir Nasri menutup kemenangan atas Partizan yang sebelumnya sudah dipastikan tersingkir.

Jalannya Pertandingan

Di awal pertandingan Arsenal berusaha menembus jantung pertahanan Partizan dari sektor sayap. Tim tamu sendiri terlihat cukup tajam dalam melakukan upaya serangan balik.

Peluang pertama untuk Arsenal pada menit 13. Dari sayap kanan Bacary Sagna melepaskan umpan silang ke muka gawang untuk disambut Marouane Chamakh. Tapi tandukannya belum merepotkan kiper.

Kieran Gibbs terbujur di lapangan setelah terpeleset di lapangan pada menit 15. Ia terpaksa mendapat perawatan di tepi lapangan dan untuk sesaat Arsenal minus satu pemain.

Nasri "menari-nari" di sayap kanan Arsenal di menit ke-18. Ia mengecoh tiga pemain lawan dan masuk ke kotak penalti untuk kemudian menyodorkan bola untuk Robin van Persie yang tengah berpenetrasi. Tapi sepakan Van Persie masih melebar.

Gibbs akhirnya harus ditarik keluar pada menit 24 untuk digantikan Emmanuele Eboue. Gibbs tampak langsung meninggalkan lapangan menuju ruang ganti. Akan mendapat perawatan lanjutan?

Penalti untuk Arsenal! Wasit menunjuk titik putih pada menit 29 usai Van Persie dijatuhkan. Maju sendiri jadi algojo, Van Persie sukses menuntaskan tugas.

Lima menit menjelang jeda, Cleo masuk ke dalam celah di pertahanan Arsenal. Berada di sisi kiri gawang, tak banyak rekannya yang naik membantu dan pertahanan Arsenal pun bisa meredam serangan itu.

Peluit babak kedua ditiup, Arsenal langsung mengancam. Tapi kiper Vladimir Stojkovic dengan sigap mengamankan bola.

Serangan lain hadir tiga menit berselang. Dari sebuah umpan silang ke depan gawang, bola dihalau pemain belakang Partizan. Si kulit bundar mengarah ke Nasri yang meneruskan dengan sepakan yang masih melambung.

Partizan membalas! Skor jadi 1-1 pada menit 52 setelah sepekan Cleo dari luar kotak penalti membentur pemain Arsenal dan berubah arah untuk menceplos masuk ke dalam gawang.

Stojkovic nyaris bikin blunder saat gagal menangkap bola umpan silang Sagna kepada Denilson pada menit 62. Untungnya ia bisa langsung mengamankan si kulit bundar sebelum bola dimanfaatkan pemain Arsenal lain.

Arsenal membangun serangan pada menit 68 dengan Nasri akhirnya mengirim umpan terobosan buat Van Persie. Tapi laju bola terlalu deras dan Stojkovic dengan sigap mengamankan.

Dua menit kemudian Arsenal mendapat tendangan bebas dan Van Persie maju mengambil. Sepakannya bagus dan mengarah deras ke pojok gawang tapi kiper masih bisa menepisnya.

Arsenal unggul lagi! Pada menit 73 Sagna mengirim umpan silang ke jantung pertahanan Partizan yang masih bisa dihalau barisan lini belakang. Bola lantas dikontrol Walcott dengan dada sebelum melepaskan tendangan terarah yang bikin bola masuk ke dalam gawang.

3-1 untuk Arsenal! Selang beberapa menit usai gol Walcott, Arsenal menggulirkan bola dari kaki ke kaki untuk menembus pertahanan lawan. Si kulit bundar lantas dikuasai Nasri yang dengan dingin mengirim bola ke dalam gawang Partizan.

Arsenal harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Sagna langsung dikartu merah akibat melanggar Aleksandar Lazevski sedikit di luar kotak penalti. Tapi tendangan bebas tak bisa dimaksimalkan Partizan.

Susunan Pemain: 

Arsenal: Fabianski, Sagna, Squillaci, Koscielny, Gibbs (Eboue '24), Nasri, Song, Denilson, Arshavin (Walcott '67), van Persie, Chamakh (Bendtner '76).

Partizan Belgrade: Stojkovic, Krstajic, Jovanovic, Medo, Lazevski, Savic, Sasa Ilic, Petrovic, Babovic (Davidov '81), Moreira (Kizito '90), Cleo.