Hasil Pertandingan Liga Spanyol Real Madrid vs Valencia 5 Desember 2010

Real Madrid menundukkan Valencia 2-0 berkat dua gol dari Cristiano Ronaldo. Poin penuh itu tidak diraih El Real dengan mudah karena gol baru hadir usai El Che bermain dengan sepuluh pemain.

Menjamu Valencia di Santiago Bernabeu, Minggu (5/12/2010)dinihari WIB, Madrid terus-terusan menghadirkan ancaman kendati serangan demi serangan acap kandas di tangan dan kaki dari penjaga gawang Valencia, Vicente Guaita Panadero.

Peruntungan Madrid berubah setelah David Albelda dikartu merah pada menit 65. Ia diusir wasit setelah dinilai menyentuh bola dengan sengaja.

Unggul jumlah pemain, Madrid kian leluasa menekan. Hasilnya Ronaldo kemudian dua kali membuat Guaita harus memungut si kulit bundar dari dalam gawang.

Hasil itu membuat Madrid terus menjaga jarak poin dari Barcelona yang tengah memuncaki klasemen. Madrid kini menempati posisi dua dengan 35 angka, berjarak dua poin dari Barca yang sebelumnya juga meraih kemenangan di laga jornada 14.

Jalannya Pertandingan

Sempat dikabarkan tidak main karena cedera, Cristiano Ronaldo pulih tiba-tiba dapat beraksi lagi dan langsung mengancam. Akibatnya Jordi Alba sampai harus dikartu kuning karena menarik kaos Ronaldo pada menit 10.

Semenit kemudian, dua kartu kuning bersamaan kembali hadir setelah Pepe dan David Albelda terlalu keras bersinggungan sebelum tendangan bebas diambil.

Peluang pertama dalam laga akhirnya baru hadir di menit ke-12. Juan Mata melakukan penetrasi ke pertahanan Madrid dan memaksa Iker Casillas menyelamatkan gawangnya.

Peluang emas terbuang! Sepuluh menit menuju waktu turun minum, umpan Ronaldo yang memantul justru menguntungkan Madrid karena bikin Sami Khedira tinggal berhadapan dengan kiper Vicente Guaita Panadero. Sial untuk Madrid, sang kiper memenangi duel satu lawan satu itu.

Guaita kembali jadi pahlawan Valencia setelah berhasil mementahkan tendangan bebas Ronaldo yang melaju ke gawangnya dengan deras pada menit 41.

Pada menit injury time, umpan silang Mesut Oezil disambut Ronaldo dengan tendangan trik yang lantas bikin si kulit bundar melayang menuju gawang, meski akhirnya hanya menghantam tiang.

Dua menit memasuki babak kedua, sebuah bola lambung ke jantung pertahanan Valencia mampu dikejar Ronaldo. Ia mengecoh satu pemain, membidik gawang dan menendang. Guaita juga setengah menjatuhkan diri dan membelokkan arah bola dengan kaki. Bola perlahan bergulir melebar.

Tak lama berselang, sebuah umpan terobosan kembali bisa dikejar Angel Di Maria yang tinggal berhadapan dengan Guaita. Sekali lagi si kiper Valencia sukses mengawal gawangnya setelah menepis usaha Di Maria melambungkan si kulit bundar.

Sekali lagi Madrid bikin peluang pada menit 58 setelah Ronaldo dengan cerdik melambungkan bola ke arah sejajar di mana di situ ada Karim Benzema. Ia lantas menyepak bola dan ditepis dengan satu tangan Guaita. Luar biasa!.

Valencia harus bermain minus satu pemain setelah Albelda dikartu merah karena dinilai melakukan handsball dengan sengaja di menit 65. Sebuah kehilangan berharga untuk El Che.

Gol untuk Madrid! Guaita akhirnya takluk juga pada menit 73. Dari umpan terobosan Oezil, Ronaldo menerima bola dan mengontrolnya satu kali sebelum mengirim sepakan keras ke arah tiang jauh.

Lima menit kemudian, Valencia nyaris menyamakan kedudukan. Casillas sukses menahan sepakan Ever Banega tapi masih ada Joaquin untuk meneruskan. Sial untuk Valencia, bola masih melebar.

Kemenangan akhirnya dipastikan Madrid berkat gol kedua Ronaldo tiga menit sebelum laga berakhir. 2-0 dan tiga poin untuk Madrid.

Susunan Pemain:
Real Madrid: Casillas; Arbeloa, Pepe, Albiol, Marcelo, Lassana Diarra, Xabi Alonso, Khedira (Benzema '56), Oezil (Granero '78), Cristiano Ronaldo, Di María (Mahamadou Diarra '85).


Valencia: Guaita, Bruno, Stankevicius, Ricardo Costa, Tino Costa, Maduro, Jordi Alba (Miguel '63), Joaquín (Aduriz '83), Mata (Banega '70), Albelda, Soldado.